Jumat, 21 Juni 2013

Review Arel Wars 2 – Sequel Yang Lebih Baik Tapi Sebatas Itu Saja

Review Arel Wars 2 – Sequel Yang Lebih Baik Tapi Sebatas Itu Saja

Review Arel Wars 2 – Sequel Yang Lebih Baik Tapi Sebatas Itu Saja
Terkadang terlepas dari seberapa canggih dan solidnya sistem iOS, Android masih menerima game-game ekslusive seperti beberapa game karya Kairosoft atau Gamevil yang tidak ada di iOS (atau launch terlebih dahulu di Android). Arel Wars 2 adalah salah satu dari game ini yang baru tersedia di Android mulai dari minggu lalu. So tanpa panjang-panjang lagi kita mulai review kita untuk mengetahui apakah Arel Wars 2 worth to play.
Para pemain Arel Wars 1 akan langsung familiar dengan game ini karena pada dasarnya tidak ada yang berubah banyak selain visualiasi yang baru dan penambahan upgrade disana sini. Arel Wars 2 juga lebih grinding oriented jika dibandingkan Arel Wars. Tapi overall gameplaynya masih lebih baik dan jika kamu menyukai Arel Wars 1 kamu juga akan menyukai Arel Wars 2.
Arel Wars 2 | GameSaku
Bagi mereka yang belum pernah memainkannya Arel Wars 2 adalah game action defense dimana kamu harus mempertahankan benteng kamu dari serangan musuh dan disaat yang bersamaan kamu juga harus menghancurkan musuh, mirip dengan konsep DOTa dan Pocket Army yang baru saja direview. Jika di Dota pasukan kamu akan keluar otomatis, di game ini kamu harus memilih sendiri tipe pasukan dan jumlahnya. Ini memberikan keleluasaan yang lebih baik jika dibandingkan dengan DOTA.
Saya tidak akan membahas lebih lanjut mengenai cara bermain game ini karena sudah cukup umum, tapi saya akan membahas beberapa aspek dari game ini yang menarik. Pertama adalah sisi graphicnya yang sangat baik, kamu akan disuguhkan dengan karakter-karakter khas RPG Korea dengan resolusi dan detail yang baik. Karakter-karakter baik pemeran utama maupun musuh juga dibuat cukup bervariasi dan colorful.
Ketika kamu memulai game ini kamu diharuskan untuk memilih 1 dari tiga karakter yang berbeda. Masing-masing dengan karakteristik, latar belakang cerita dan kemampuan khususnya yang unik. Flora dengan kecepatan serangan yang tinggi, Adonis dengan kemampuan rangenya dan Deen dengan HP yang tebal dan serangan aerial yang mematikan. Tidak hanya itu, tipe pasukan yang dapat kamu keluarkan juga berbeda-beda untuk tiap heronya. Jika Flora akan mempunyai pasukan yang kebanyakan adalah binatang, maka Adonis akan mempunyai pasukan yang kebanyakan bangsa undead. Dan status untuk setiap pasukannya pun berbeda-beda sehingga kamu akan menemukan cukup banyak variasi dalam game ini
Arel Wars 2 | GameSaku
Sebelum memulai sebuah level kamu diharuskan untuk melakukan setup yang cukup panjang mulai dari memilih pasukan mana yang akan kamu gunakan, setup hero mulai dari menggunakan equipment sampai alokasi skill, upgrade tower dan item. Sayangnya hal ini harus dilakukan setiap kali memulai sebuah level sehingga lama-lama cukup mengganggu. Satu hal yang perlu di perhatikan adalah upgrade pasukan hanya berlaku secara individual seolah2 setiap pasukan adalah sebuah hero. Jadi misalkan kamu upgrade pasukan zombie, zombie kedua yang kamu gunakan tidak akan menerima upgrade jadi kamu harus mengupgrade kedua zombie ini.
Arel Wars 2 mempunyai kustomisasi yang cukup banyak termasuk untuk sang hero sendiri, mulai dari 3 slot equipment, skill aktif dan pasif serta status yang dapat kamu alokasikan secara manual setiap kali kamu naik level, lengkap seperti karakter RPG pada umumnya. Arel Wars 2 mempunyai total 120 level untuk di explore, so ya game ini akan membuatmu cukup sibuk untuk waktu yang lama.
Arel Wars 2 | GameSaku
Mode lain yang menarik untuk dibahas adalah PVP modenya, disini kamu dapat menguji kemampuanmu dengan para pemain lain. Tapi nampaknya pvp ini tidak realtime online, mirip dengan metode yang digunakan di Zenonia 4. Kamu dapat memilih pasukan kamu dan jika ada orang lain yang ingin bertarung dengan kamu, maka pasukan dan hero kamu akan digerakkan oleh AI. Tapi walaupun demikian mode ini cukup menarik dan menantang karena walaupun AI yang menggerakan tetapi cukup pintar dan mengingat ugprade musuh yang mungkin sudah tinggi maka PVP tidak akan semudah yang kamu bayangkan. Konsep PVP ini dibungkus dengan cerita menara babel dimana setiap kamu mengalahkan musuh maka kamu akan mendaki menara tersebut, tentu saja orang yang paling hebat adalah orang yang berada ditingkat ketinggian yang sangat jauh diatas.
Arel Wars 2 secara overall adalah game yang fun, tapi ada dua hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah game ini cukup laggy terutama jika sudah ada begitu banyak pasukan dilayar. Memang game di Android ditentukan oleh spek masing-masing gadget sehingga para pemain bisa merasakan gejala yang berbeda-beda, tapi rasanya tablet yang digunakan (Galaxy 7.7) untuk menjalankan game ini sudah cukup kencang tetapi tetap saja masih mengalami laggy. Padahal saya tidak mengalami lag separah ini ketika memainkan dead trigger pada settingan high.
Arel Wars 2 | GameSaku
Yang kedua adalah tentu sistem IAPnya yang mengintimidasi, beberapa fitur penting seperti jumlah slot pasukan yang dapat kita keluarkan harus diunclok dengan menggunakan IAP dan hampir segala sesuatu di game ini menggunakan IAP. Tapi untungnya Arel Wars 2 menawarkan banyak cara untuk mendapatkan IAP. Mulai dari mendownload game Gamevil yang lain, login ke gamevil, atau bermain mode pvp (akan mendapatkan gold) sehingga saya sudah mendapatkan cukup Jewel (mata uang IAP) untuk membuka fitur-fitur dasar seperti jumlah slot, dan bahkan masih bersisa 30 Jewel (jika beli bernilai $0.99). So saya tidak akan komplain terlalu tajam untuk IAPnya, tapi seandainya promo2 ini sudah tidak ada kamu akan sedikit frustasi dengan sistem IAPnya.
Arel Wars 2 sebenarnya hanya berupa peningkatan kualitas dari Arel Wars 1, tidak ada sesuatu yang benar-benar baru. Tapi dengan graphicnya yang seru dan banyak promo untuk mendapatkan mata uang IAP secara gratis maka saya masih bisa bilang game ini cukup worth to play. Para gamer Android sudah bisa mendownload langsung game ini secara FREE melalui link dibawah sedangkan gamer iOS masih harus menunggu karena belum ada kabar release untuk iOS sampai sekarang. Sampai jumpa di review selanjutnya.
Google Play Link: ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for all