Jumat, 21 Juni 2013

Review Happy Street – Adiktif, Lucu dan Kaya Akan Fitur

Review Happy Street – Adiktif, Lucu dan Kaya Akan Fitur

Review Happy Street – Adiktif, Lucu dan Kaya Akan Fitur
Saya ingat sekali waktu pertama membeli iPad, salah satu game yang saya install adalah Smurfs' Village, Free. Setiap pagi saya harus bangun pagi untuk memanen sayur yang saya tanam dalam game tersebut. Walaupun pada akhirnya agak sedikit bosan juga pada level-level yang sudah tinggi, game simulasi ini mampu memberikan adiksi yang luar biasa sampai saya harus memperkirakan saya harus menanam apa bila ingin panen di jam tertentu. Adiksi saya pada game seperti itu rasanya akan dilanjutkan pada Happy Street, game baru keluaran Godzilab. Kenapa? Kamu akan menemukan jawabannya dibawah.
Dasarnya sama, kamu akan membangun sebuah kota dari nol sampai menjadi ramai dan penuh. Awalnya hanya ada Billy dan Zoe, mereka lalu bekerja sama untuk membangun sebuah kota yang lebih hidup pada sebidang tanah. Kota yang dibangun disini mirip seperti game Small Street yang disususun secara horizontal ke kiri dan kanan. Seperti game simulasi lainnya, kamu bisa membangun rumah, dan berbagai toko agar bisa tetap menghasilkan uang dari sana.  Fitur Shop akan menjadi andalan karena untuk memperbesar kota tersebut yang harus kamu lakukan adalah terus menambah toko baru atau dekorasi lainnya.
Happy Street | Screenshot 1
Cara bermain disini cukup mudah kalau kamu pernah bermain game simulasi sebelumnya. Kamu hanya perlu tap di shop untuk membeli barang dan tempatkan pada tempat yang tersedia dengan indikator bewarna hijau. Bila tidak cocok dengan posisinya, nantinya toko atau barang yang kamu beli bisa dipindahkan bahkan dijual untuk diuangkan kembali tentunya dengan harga jual yang lebih rendah dibandingkan dengan harga belinya. Akan ada misi yang harus kamu selesaikan. Untuk mengetahui misi tersebut tap pada salah satu karakter yang sedang mengeluarkan tanda tanya diatas kepala mereka. Kemudian akan ada sebuah percakapan yang menjelaskan tujuan dari misi tersebut. Percakapan disini terlihat lucu karena kamu tidak akan mengerti apa yang mereka ucapkan karena terdengar seperti suara hewan, tetapi kamu cukup membaca tulisan yang ada.
Untuk membangun sebuah toko ataupun bangunan lainnya diperlukan koin dan balok kayu. Koin akan kamu dapatkan dari hasil penjualan berbagai toko sedangkan balok kayu akan kamu dapatkan dengan cara memotong pohon atau semak-semak. Enaknya, kamu akan disediakan akses ke sebuah desa dimana akan banyak pohon yang bisa kamu tebang. 1 pohon akan menghasilkan 3 balok kayu. Setelah itu kamu harus menunggu sekitar 20 menit untuk dapat menebangnya kembali. Kota dan desa (tempat penghasil kayu) yang kamu kembangkan bisa diperluas dengan menggunakan Flooz (mata uang yang lebih tinggi nilainya). Flooz bisa kamu dapatkan kalau kamu naik level atau menyelesaikan misi tertentu. Cara naik level tentu saja dengan menyelesaikan misi yang akan menambahkan experience kamu.
Happy Street | Screenshot 2
Menariknya, di Happy Street kamu bisa berinteraksi dengan banyak benda bahkan dengan burung yang lewat sekalipun. Misalnya bila ada burung putih lewat dan kamu tap maka dia akan mengeluarkan kotoran. Bila kotoran tersebut hinggap di kepala karakter maka kamu akan mendapat koin, lucu bukan? :D. Disamping itu toko yang kamu bangun memerlukan stock, jadi pada satu kesempatan kamu harus melakukan restock untuk mengisi kembali barang-barang dan hal ini bisa kamu lakukan dengan gratis alias tidak akan mengurangi koin kamu.
Fitur menarik lainnya adalah Fiesta. Ada sebuah indikator hati yang terdapat di atas layar. Indikator tersebut akan bertambah jika kamu tap orang-orang asing yang lewat pinggir jalan yang sedang berkendara. Bila sudah penuh, kamu bisa memulai “fiesta” dimana karakter akan menjadi seperti yang shopaholic dan akan berbelanja dengan banyak sehingga kamu akan menghasilkan banyak koin. Yang perlu diperhatikan adalah stock barang dari berbagai toko karena akan cepat habis
Happy Street | Screenshot 3
Selain itu berbagai mini games juga akan mengisi waktu kamu sehingga tidak bosan. Mini games yang ada seperti Lucky Spin dan Fortune Wheel. Lucky Spin memerlukan token untuk memainkannya dan hadiahnya akan sangat menggiurkan karena kamu berkesempatan mendapat 200 Flooz bila bisa mendapatkan gambar Billy si rubah pada ketiga slot. Sementara Fortune Wheel bisa dimainkan dengan gratis (tanpa token) dengan cara tap sekali untuk membuatnya berputar dan sekali lagi untuk berhenti dan kamu akan segera mendapatkan hadiah tersebut.
Disamping fitur-fitur yang ada di dalam game, Happy Street juga terhubung ke Game Center untuk berinteraksi dengan teman-teman kamu yang memainkan game ini juga. Dari sana kamu bisa saling bertukar barang atau meminta kepada teman kamu atau mengunjungi kota mereka dan membantu bila ada stock toko mereka yang kurang. Imbalannya kamu akan mendapatkan koin.
Happy Street | Screenshot 4
Masalah grafis rasanya kamu tidak perlu ragu lagi karena karakter dan latar belakang di game sangat enak untuk dilihat dan hampir tidak ada bagian yang low resolution kecuali pada saat loading game di awal, gambar terlihat low res tetapi beberapa detik kemudian terlihat normal. Karena Happy Street adalah sebuah game simulasi yang akan membuat kamu sibuk dan rasanya ingin memainkannya terus menerus, ketidakhadiran fitur iCloud bisa sedikit mengurangi keasikan bermain pada waktu kamu tidak membawa iPad dan hanya membawa iPhone atau iPod touch.
Overall, Happy Street adalah sebuah game yang seru dan kamu akan dibuat sibuk dengannya. Karena game ini gratis pasti kamu akan bertanya-tanya bagaimana dengan IAP. Tenang saja, kalau kamu bermain dengan santai dan tekun kamu tidak perlu menggunakannya apalagi akan banyak bantuan yang kamu dapatkan. Disamping itu fitur yang ada di dalam game melimpah. Rasanya akan ada pengganti Smurf Village yang akan membangunkan saya pada pagi hari untuk memeriksa bagaimana kondisi kota yang saya bangun :).
App Store Link: Happy Street, Free

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for all